Thriller & Mystery

Tukar Takdir Karya Valiant Budi, Mengajak Kamu Bertukar 12 Nasib

Tukar Takdir Karya Valiant Budi, Mengajak Kamu Bertukar 12 Nasib – Sentakan yang membangunkan dari kantuk, memang. Itulah yang patut ditunggu dari karya Valiant Budi atau Vabyo (panggilan akrabnya), Tukar Takdir yang rilis 6 Mei 2019. Ini sudah jadi tone nya. Kenakalan yang menyentil kerap menjadi tradisi di setiap karyanya, meskipun kesimpulan tersebut tentu saja terlalu arogan, karena saya tidak menyinggahi setiap karyanya. Itulah yang ditemukan dalam buku pendahulunya Kedai 1001 Mimpi, yang telah punya cap best seller, hasil inspirasi dan tergila-gila gara-gara Hikayat 1001 Malam.

Menurut kantung data pribadi saya selama riwayat penulisannya beliau belum pernah melahirkan buku berwujud kumcer (kumpulan cerpen). Meskipun baginya cerpen bukanlah sesuatu yang sama sekali asing. Cerpen yang ditulis sebelumnya masih dalam bentuk dan kepingan dalam karya-karya macam kompilasi atau antologi. Menjadikannya dalam bentuk buku yang berdiri sendiri? Saya kira adrenalin rush-nya sedang tidak bisa dibendung. Ia sedang mencari medan juang yang siap didaki untuk ditaklukkan. Setelah menulis autobiografi dengan sentuhan tone and rhythm a la Vabyo, novel dan potongan-potongan cerpen yang tersebar di karya kompilasi, ia tidak mau membiarkan dirinya beleha-leha dalam zona nyamannya sendiri. Terus-menerus menyeret diri.

Ia memang seorang petualang. Lihat saja riwayat nasib karirnya. Pernah jadi creative director, penyiar radio, editor dan yang membuatnya mengeluarkan buku Kedai 1001 Malam adalah ketika ia menjadi barista di Saudi (alias TKI). Sangat multi disiplin kesana kemari. Mulai menjadi penulis di tahun 2007. Tahun 2011, merambah ke bidang yang berbeda lagi, yaitu dunia penulisan lagu. Ia juga menyisipkan cuplikan lagu sebagai pengantar buku Tukar Takdir di spotify. Ia memang seorang petualang.

Selayaknya seorang petualang, ia akan sampai dan menemukan diri mereka berpijak di tempat yang jarang orang injak, disuguhi pemandangan indah nan unik di depan mata, menyibak tempat dimana tidak semua orang menuju. Hasil teror tragedi pengalaman lahir batin jiwa raga, memaksanya secara ekstrim untuk mengoreh wangi kesturi dibalik sampah isi bangkai dan membuatnya sampai pada titik itu.

Kualitas itulah yang berani dihidangkan oleh Vabyo –sang petualang- dalam buku-bukunya. Termasuk dalam buku terbarunya Tukar Takdir. Kita akan dikejutkan oleh twist-twist yang mind blowing, peristiwa sederhana yang dipandang lewat sudut pandang yang kok kepikiran sampai sana, dialog dan narasi nakal yang bikin geleng-geleng, juga taburan kalimat berima gara-gara karir songwriter-nya.

Tukar Takdir menceritakan perkara yang kita takuti dan pasti terjadi dalam 12 (dua belas) nasib yang salah satunya mungkin pernah, sedang, atau akan jadi milikmu.

Detail Buku

Judul  : Tukar Takdir  
No. ISBN : 9786020622392
Penulis : Valiant Budi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 
Tanggal terbit : April – 2019

Penulis Artikel – Sandi Anugrah

Sandi AnugrahBanyak menghabiskan waktu bersama sendiri dan kopi. Mengidap kecoa-terbang-fobia dan secara umum punya sejenis ketakutan pada beragam serangga. Bukan seorang pecandu buku garis keras, sekedar hobi seperti menikmati kopi. Berniat menjadi penulis setelah yakin tidak punya bakat ramah korporat sekaligus dikutuk menjadi anak super rumahan. Punya sedikit bakat mengeluh dan mengutuk keadaan di sekitarnya yang ingin diasah dengan memperbanyak jam terbang. Sedang menempuh qlc (quarter life crisis) dan dibingungkan antara 2 pilihan: apakah tetap idealis atau menjadi pragmatis.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan menyukai perjalanan. Lebih dekat dengan saya di: Email: artriasnana@gmail.com Twitter: @artriassetiawan Instagram: @artriassetiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close