Non Fiksi

GEMAR RAPI Karya Khoirun Nikmah : Gerakan Menata Negeri dari Rumah dan Pribadi

Saat sedang asyik belajar cara berbenah ala Jepang, pernahkah Anda dihampiri salah satu dari masalah di bawah ini?

Saya tidak pernah tuntas berbenah, semua yang rapi kembali berantakan.

Sulit berbenah sekeluarga, saya selalu merasa sendirian.

Belum menemukan metode yang cocok untuk rumah yang berpindah-pindah.

Sulit mengeluarkan barang, semua terasa penting dan menyenangkan.

Kotak penyimpanan yang dibuat sendiri mudah penyok. Mau mengganti lemari ke drawer, kok, mahal ya :(.

Judul : GEMAR RAPI (Gerakan Menata Negeri dari Rumah dan Pribadi)

Penulis : Khoirun Nikmah

(Bersama :Putriana Indah L, Achmadi B.S, Wanginingastuti M, dan Aang Hudaya)

Penerbit : Bentang Pustaka

Pre Order : 5-7 Agustus 2019

ISBN :978-602-291-619-2

Halaman : 212

Gemar Rapi Solusi untuk Menjaga Rumah Tetap Rapi

GEMAR RAPI Karya Khoirun Nikmah : Gerakan Menata Negeri dari Rumah dan Pribadi – Tentunya berbicara mengenai metode berbenah, pasti semua orang akan langsung mengenal metode Kon Mari yang diperkenalkan oleh Marie Kondo. Praktisi dan konsultan cara berbenah asal Jepang ini menularkan virus berbenah ke seluruh dunia lewat buku The Life-Changing Magic of Tidying Up. Indonesia juga tidak luput dari sasaran buku ini setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tahun 2016.

Tapi tahukah Anda, bahwa berbenah ala Kon Mari ternyata dirasakan masih cukup sulit. Banyak benda kesayangan yang harus dibuang, aturan yang terlalu saklek, akhirnya benda-benda yang sudah dirapikan akan tetap berantakan lagi dan masalah lainnya. Masalah itulah yang akhirnya membuat Khoirun Nikmah bersama dengan empat rekannya mengeluarkan solusi GEMAR RAPI.

Baca Juga: Kiai Ujang di Negeri Kanguru Karya Nadirsyah Hosen

Sebelum itu mari kita flashback ke masa dimana Khoirun Nikmah mengeluarkan buku pertamanya yang berjudul KonMari Mengubah Hidupku.

Lahirnya KonMari Mengubah Hidupku diawali dari Nikmah yang merasa diracuni oleh metode KonMari yang dikenalkan oleh Marie Kondo. Ia dan suaminya mulai melakukan tips-tips yang sudah dimuat dalam buku ini. Hasilnya memang luar biasa, rumahnya menjadi lebih rapi dan bisa terlepas dari masalah kerapian rumah yang selalu membuatnya putus asa.

Hingga akhirnya Nikmah bisa mendirikan komunitas KonMari Indonesia yang telah disetujui oleh Tim Marie Kondo di Jepang. Nikmah berhasil menggerakkan komunitas offline yang memiliki masalah yang sama, yaitu rumah yang tidak rapi dan sulitnya membuat rumah rapi. Gerakan inilah yang akhirnya membuat Nikmah bisa merancang metode untuk merapikan rumah sesuai dengan pemikiran orang Indonesia.

Baca Juga: Info Buku The Plant Messiah By Carlos Magdalena

Nah ternyata Nikmah tidak berpuas diri dengan komunitas KonMari yang sudah memiliki ratusan anggota. Lewat berbagai seminar dan pelatihan ia terus menularkan cara dan metode untuk berbenah diri yang sesuai dengan karakter orang Indonesia. Dalam hal ini bukan berarti KonMari tidak bisa diterima di Indonesia, tapi Nikmah menyentil kita bahwa tidak semua kebiasaan dan budaya baik dari negeri orang langsung bisa diterapkan ke Indonesia.

GEMAR RAPI berisi penjelasan mengenai teori dan praktik langsung untuk berbenah sesuai dengan pola pikir kita. Berbenah pada akhirnya akan mengubah hidup kita dan meningkatkan kesadaran bahwa berbenah itu penting untuk lingkungan. Jadi berbenah juga bukan hanya sekedar membuang dan mengeluarkan barang-barang dari rumah. Dengan mengikuti panduan buku dari GEMAR RAPI kita akan bisa merapikan rumah sesuai dengan keinginan pribadi tanpa ada rasa terpaksa dan cara yang saklek.

Yuk, yang mau rumah rapi terus, langsung saja ya baca karya terbaru dari Khoirun Nikmah, GEMAR RAPI

Profil Penulis Khoirun Nikmah

GEMAR RAPI Karya Khoirun Nikmah Khoirun Nikmah atau yang sering dengan nama Nikmah atau NikNik mengakui memiliki passion dalam bidang berbenah. Karena hobi dan tekat kuat itu terdengar aneh, ia tidak sampai mengakui kalau suka berbenah-benah. Hobi ini dijalani bukan tanpa alasan, sebab Nikmah pernah mengalami masa sulit ketika kecil dengan mengikuti emak (sebenarnya Nenek) bekerja untuk berbenah rumah tetangga dan saudaranya.

Sejak keluarnya buku dari Marie Kondo, telah memberikan efek untuk Nikmah. Ia menerapkan semua cara di rumahnya sendiri dan puas dengan hasilnya. Sampai ia bisa mendirikan Komunitas KonMari Indonesia bersama dengan suami dan empat rekannya. GEMAR RAPI adalah buah pemikiran bersama dengan empat rekannya demi mendukung aktifitas rapi-rapi rumah tanpa harus menciptakan beban dan rasa berat.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan menyukai perjalanan. Lebih dekat dengan saya di: Email: artriasnana@gmail.com Twitter: @artriassetiawan Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close