Romance

Jarrvis Chavali Karya Ainun Nufus : Bukan Cerita Satu Nama  

Pengulas : Ani Widihastuti / randombooks_

Jarrvis Chavali Karya Ainun Nufus : Bukan Cerita Satu Nama – Bukan tentang percintaan yang menggebu, ini tentang hati yang bicara tanpa banyak kata.

Chavali Fathina, perempuan yang hidup hanya dengan menjalani hari tanpa impian. Baginya, hidup hanya menjalani hari selagi masih bisa bernapas.

Jarrvis Mahegas, pria yang hidup hanya untuk kerja. Baginya, hidup hanya untuk berangkat ke kantor dan menikmati secangkir kopi hitam.

Kerja bersama bertahun-tahun, Chavali dan Jarrvis hanya berinteraksi lewat secangkir kopi, menu makan siang, kaktus, dan pekerjaan. Lalu satu peristiwa membuat mereka menjadi semakin sering bersinggungan, bukan sekedar kopi, makan siang, kaktus, dan pekerjaan. Jika sebuah kebiasaan membuatmu merasa kehilangan. Lalu apa yang akan kamu lakukan?

Judul : Jarrvis Chavali

Penulis : Ainun Nufus

Penerbit : Diandra Kreatif

ISBN : 978-602-336-666-8

Tebal : viii + 294 halaman

Tahun terbit : 2018

Harga : Rp 72.500,-

“Karena kaktus itu sepertimu, tidak manja, tak perlu disiram, tapi selalu kuat dan memiliki duri tajam untuk melindungi diri sendiri.” Halaman 288

Adakah penggemar karya Kak @ainunufus? Bagi kamu pengguna aplikasi wattpad, nama perempuan cantik ini mungkin sudah tak asing lagi. Nah, kamu yang penasaran dengan karya Kak Ai terbaru, kali ini aku mau mengulasnya. Novel ini merupakan bagian dari #LoveSeriesDiandra. Yuk simak! Jarrvis Chavali Karya Ainun Nufus

Cerita Jarrvis Chavali

Chavali menjalani hidup sesuai arus membawanya mengalir. Tidak ada lagi harapan, juga impian. Peristiwa beberapa tahun silam membuatnya tak lagi percaya akan sebuah kebahagiaan. Hubungan Chavali dengan sang ayah pun turut merenggang akibat peristiwa tersebut. Penasaran nggak sih sama apa yang pernah Chavali alami sampai dia trauma akan harapan?

Seiring berjalannya waktu, sang ayah menghubungi Chavali untuk menjodohkan putrinya. Menyadari bahwa sikap sang ayah yang kaku dan tegas, Chavali tak bisa menolak. Namun menikah dengan lelaki yang tidak dikenal bukanlah hal menyenangkan. Chavali lebih memilih menghadapi kekakuan bosnya setiap hari daripada menjalani hari dengan orang asing.

Kenekatan Chavali meminta Jarrvis untuk menikahinya membuat ia terbebas dari perjodohan. Tetapi masalah tak berakhir sampai disitu. Hidup Chavali bagai keluar dari kandang singa tetapi terperangkap dari kandang buaya. Berbagai pikiran menyadarkan Chavali bahwa Live after marriage ternyata tak sesederhana itu. Apalagi kehadiran Kafa yang turut memberikan warna. Dengan siapa Chavali akan menemukan kembali mimpinya?

Baca Juga : Arterio by Sangaji Munkian – Aku ingin menjadi arteri sang pembuluh

Karakter, Konflik, dan Moral

Jangan tertipu dengan judul novelnya. Mungkin ada yang berpikir bahwa Jarrvis Chavali adalah satu nama? Akupun sempat berpikir begitu.

Jarrvis Chavali merupakan novel pertama Kak Ai yang aku baca. Dengan bahasa santai dan mengalir membuatku menikmati novel ini sampai akhir. Meski dalam penulisannya, aku masih menemukan beberapa kesalahan ketik, namun tak begitu mengganggu. Konfliknya ringan, setidaknya tidak sampai menguras air mata. Ada selipan humor meski menurutku kurang berhasil.

Bicara karakter, fokusku terpaku pada karakter Jarrvis. Kak Ai berhasil menciptakan sosok Jarrvis Mahegas yang gila kerja, datar dan kaku, bahkan melebihi kanebo kering. Jawaban ala Jarrvis hanya ‘ya’, ‘oke’, dan ‘tidak’ benar-benar membuatku gregetan. Jarrvis yang diam-diam perhatian, dan suka mengedipkan kedua mata. Bukan kedipan genit memang, namun berhasil membuat pembaca sepertiku tersenyum-senyum. Ini bukan berarti karakter lain tak menarik, ada sosok Chavali yang ceroboh dan cukup pesimis. Ada juga Kafa, lelaki ceria, hangat, dan pantang menyerah.

Melalui sudut pandang orang ketiga dengan alur maju, Kak Ai menyajikan kisah manis berbalut kehidupan kantor. Di luar sana memang banyak novel dengan tema sejenis, namun Kak Ai berhasil mengemas novel ini dengan cukup berbeda. Sayangnya, ada beberapa hal yang menurutku kurang dijelaskan secara detail sehingga setelah selesai membaca novel ini pertanyaan akan hal tersebut terus berputar-putar di kepala.

Untuk pesan moralnya, Kak Ai mengingatkan pentingnya komunikasi antar pasangan. Serius deh, membaca novel ini membuatku gemes karena kedua karakternya sama-sama gengsi untuk mengungkapkan perasaannya lebih dulu. Alhasil, keduanya saling menduga-duga, saling menunggu. Keterbukaan antar pasangan juga penting lho, termasuk tentang masa lalu. Jangan sampai hal yang telah terlewat justru menjadi batu sandungan dalam hubungan.

Sosok seorang ayah yang penuh kasih sayang dan perhatian pun turut dihadirkan. Percayalah, tak ada orang tua yang benar-benar membenci anaknya. Mereka memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan perhatiannya, meski melalui sikap tegas sekalipun.

Kamu mungkin akan setuju kalau sampul novel ini benar-benar eye catching. Bookmarknya tak kalah lucu lho. Ikon kaktus pun turut menggambarkan karakter di dalamnya. Jarrvis Chavali diperuntukkan untuk pembaca yang beusia 17+. Jadi yang merasa belum cukup umur, harap jauh-jauh dahulu.

Bagaimana, tertarik untuk menikmati kisah Jarrvis dan Chavali?

Baca Juga: Review The Lady Escort Karya Kinanti WP

Mengenal Ainun Nufus

Jarrvis Chavali Karya Ainun Nufus
sumber: IG @ainunufus

Namanya Ainun Nufus, lahir di Kota Kebumen, Jawa Tengah pada 24 September 1988. By the way, kita kita lahir di kota yang sama Kak. Hehe… Cewek penyuka kopi ini telah banyak melahirkan karya, baik yang telah dibukukan maupun yang masih belum dipinang penerbit. Ingin mengenal lebih jauh karya Kak Ai, kalian bisa mengunjungi akun wattpadnya @ainunufus. Kak Ai juga sering membagikan kesehariannya di Instagram lho. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @ainunufus juga. Sebelumnya telah menerbitkan novel Kali Kedua (Romancious, 2016) , Cool Boy (Grasindo, 2017), serta Baby and Me (Gagas Media, 2017).  Jangan lupa untuk membaca karya-karyanya.

Pengulas : Ani Widihastuti / randombooks_

Jarrvis Chavali Karya Ainun Nufus Hai kawan. Aku Ani Widihastuti. Kerap disapa Ani. Lahir di Kebumen, 22 September 1997. Saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta jurusan Manajemen.

Mempunyai hobi membaca, makan dan tidur. Sesekali menulis jika sedang dalam mood baik. Bisa disapa melalui akun facebook Ani Widihastuti, Instagram @randombooks_ sebagai akun bookstagram dan instagram pribadi @andisti_

 

Karakter
Plot
Cerita

Bukan hanya jalan cerita, tapi juga karakter yang menawan untuk pembaca. Sebuah novel debut yang mengejutkan. Kamu mungkin akan setuju kalau sampul novel ini benar-benar eye catching. Bookmarknya tak kalah lucu lho. Ikon kaktus pun turut menggambarkan karakter di dalamnya. Jarrvis Chavali diperuntukkan untuk pembaca yang beusia 17+. Jadi yang merasa belum cukup umur, harap jauh-jauh dahulu.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close