Debut

5 Jurus Ampuh Mengatasi Malas Menulis Review Setelah Selesai Membaca

5 Jurus Ampuh Mengatasi Malas Menulis Review Setelah Selesai Membaca – Malas menulis review setelah menyelesaikan sebuah buku ternyata bukan hanya penyakitnya “pemalas”. Semua pembaca hampir mengalami masalah ini. Tentu saja ini masalah yang sebenarnya lebih buruk dari “mengumpulkan atau membeli buku, lalu menumpuknya di rak buku dan malas membaca sampai bukunya lapuk”.

Apakah saya termasuk yang rajin membuat review buku? Jawabannya “tidak”. Saya bukan tipe orang yang rajin atau langsung membuat review setelah membaca buku. Tapi itu dulu, untuk sekarang salah satu resolusi saya di tahun 2019 adalah “segera tulis review setelah selesai membaca”.

Masalahnya berawal dari tahun 2018, dimana saya terlibat dalam sebuah organisasi non profit untuk membaca buku secara sukarela. Saya menerima banyak email untuk membaca buku dan saya menyetujuinya. Saya tidak menyadari bahwa untuk berkomitmen dengan organisasi tersebut ternyata cukup berat. Saya tidak menjadikan alasan pekerjaan utama lain sebagai penghambat untuk tidak membuat review, tapi ternyata hanya karena rasa malas.

Sampai akhirnya tahun di awal tahun 2019 ini, saya menerima email tagihan review. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya ada 119 review. Sungguh pekerjaan berat karena saya sudah selesai membaca semua bukunya. Sekarang yang saya pikirkan adalah bagaimana saya harus membuat ke 119 review ini dengan pikiran saya sendiri. Akhirnya saya tersadar bahwa selama ini saya cukup malas membuat review dan terjebak dalam aktifitas membaca saja. Sekarang mau atau tidak mau, saya harus membayar hutang besar ini, mengirimkan 5 review per minggu sampai 119 menjadi 0.

Dan ternyata itu lebih berat lagi karena saya juga harus sekilas membaca ulang untuk beberapa bagian yang lupa.

Nah untuk teman-teman yang tidak ingin mengalami masalah yang sama, saya akan bagi tipsnya. Saya sudah melakukannya sendiri dan hasilnya cukup baik. Apa itu? Ikuti 5 jurus ampuh mengatasi malas menulis review setelah selesai membaca, berikut ini.

  1. Langsung catat !

5 Jurus Ampuh Mengatasi Malas Menulis Review Setelah Selesai Membaca
Saya terbiasa membuat catatan kecil di buku dengan post it

Apakah Anda tipe yang hanya membaca terus dan butuh konsentrasi yang tinggi untuk membaca? Atau Anda tipe yang langsung membuat catatan setelah membaca ? Memang ada dua tipe pembaca ini dan keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Jika Anda selesai membaca dan langsung membuat tulisan memang terkadang jadi kurang fokus. Apalagi jika yang dibaca seperti novel yang banyak tokoh, nama tempat yang sulit diingat dan melibatkan catatan waktu.

Tapi ternyata langsung mencatat atau membuat catatan kecil sangat baik untuk mendukung review tidak hilang arah. Anda juga bisa membuat review dengan baik setelah memiliki beberapa catatan kecil.

  1. Beri nilai buku setelah beberapa waktu

5 Jurus Ampuh Mengatasi Malas Menulis Review Setelah Selesai Membaca
Jangan langsung beri rating

Apakah Anda menggunakan Goodreads untuk memberi peringkat buku? Kebiasaan langsung memberi peringkat setelah selesai membaca ternyata tidak terlalu baik. Kebiasaan ini membuat Anda semakin malas menulis reviewnya karena merasa sudah memberi peringkat. Jadi coba saja untuk membiarkan selama beberapa hari sebelum memberi peringkat. Manfaatnya adalah membuat Anda berpikir, berapa peringkat yang layak untuk sebuah judul. Tentu saja sambil memutuskan berapa peringkatnya, Anda juga harus memulai untuk menulis judul atau pembukaan reviewnya.

  1. Tulis dulu review singkat

5 Jurus Ampuh Mengatasi Malas Menulis Review Setelah Selesai Membaca
Biasakan menulis review singkatnya

Sebelum membuat review yang sebenarnya ternyata lebih baik membuat review singkat. Review singkat ini bisa berisi pengembangan dari catatan (jurus nomor 1). Menulis review singkat akan membuat review yang sebenarnya lebih menarik. Anda tidak akan kehilangan cerita atau hal yang harus diungkapkan. Karena biasanya saat kita melakukan aktifitas terlintas hal menarik dari buku yang dibaca, lalu lupa. Nah supaya tidak lupa buat dulu review singkatnya.

 

  1. Harus atau tidak?

Harus atau tidak ? Cobalah Anda berpikir sebelum membuat review. Setelah selesai membaca pertimbangkan, apakah harus membuat reviewnya atau tidak. Sebenarnya saat membaca buku juga tidak ada keharusan untuk membuat review. Pertimbangan lainnya bisa dilihat dari judul buku, penulis buku dan kepentingan umum. Jika memang ingin membuat buku itu bisa dilihat atau menjadi rekomendasi untuk pembaca lain, tentu harus dibuat reviewnya. Tapi jangan menjadikan beban untuk selalu membuat review.

  1. Memilih format review

5 Jurus Ampuh Mengatasi Malas Menulis Review Setelah Selesai Membaca
Biasakan memberi tanda

Ada banyak cara untuk membuat review menjadi hal yang sangat menyenangkan. Salah satunya adalah dengan melihat format review. Misalnya adalah format review buku yang resmi sesuai dengan jenis buku (fiksi dan non fiksi), membuat review buku di Instagram atau lebih dikenal juga dengan bookstagram, atau bergabung dengan grup membaca atau grup review. Bahkan jika Anda suka membuat format listicle, tentu juga tidak masalah. Buatlah review sesuai apa yang Anda suka.

 

Nah sekarang bagaimana? Tentunya tidak ingin terjebak dalam rasa malas terus menerus khan? Silahkan teman-teman mencoba tips ini dan lihat catatan reviewnya bertumpuk rapi di blog, web, Instagram atau buku catatan khusus.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close