Travelling

Kebiasaan Travel Reading – Salah Satunya Tipe Kamu!

Travel Reading

Kebiasaan Travel Reading – Salah Satunya Tipe Kamu! – Melakukan perjalanan atau travelling telah menjadi tren kaum millennial. Ada banyak jiwa-jiwa muda yang berlomba-lomba untuk melakukan perjalanan ke banyak tempat. Kelompok ini juga terbagi-bagi menjadi beberapa, seperti kaum muda yang senang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, berpetualang ke alam terbuka, bepergian ke luar negeri dan ke tempat-tempat bersejarah seperti museum.

Dan saat melakukan perjalanan, mereka juga memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Karena kita akan membahas mengenai buku, maka perjalanan ini sangat erat hubungannya dengan aktifitas membaca. Jika ada istilah travel writing, maka ada juga travel reading. Keuntungan dari travel reading bisa mencangkup aktifitas membaca dan menulis termasuk menulis catatan dari hasil bacaan itu. Lalu kebiasaan travel reading juga sesuai dengan kepribadian pembaca. Kali ini kita akan membahas mengenai berbagai tipe travel reading, coba dipilih ya, kamu tipe yang mana?

  1. Travel reading di kendaraan

Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Mereka membaca buku pelajaran untuk persiapan ujian atau tes lain. Tapi sekarang kebiasaan ini dilakukan oleh semua pembaca yang bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraan. Di Jepang misalnya, kebiasaan membaca di kereta adalah hal yang biasa. Membaca di pesawat juga banyak dilakukan tapi biasanya hanya sampai mengantuk. Atau dalam kasus tertentu membaca di bus, mobil atau di atas motor (bagi penumpang). Bagi saya sendiri, membaca di kendaraan sangat tidak menyenangkan. Kepala pusing kemudian mata berkunang-kunang lalu perjalanan menjadi tidak menyenangkan.

  1. Hanya kopi dan buku

Nah sebenarnya travelling itu tidak harus berjarak jauh dari rumah. Saya sendiri sering menganggap seperti ini. Artinya ketika kamu keluar rumah, nah itu sudah jadi aktifitas bepergian. Ada banyak tipe orang seperti ini, misalnya keluar rumah untuk pergi ke tempat ngopi. Duduk lalu membaca buku sampai puas. Kebiasaan ini paling menyenangkan saat akhir pekan dan tidak ada jadwal atau ketika kita sudah selesai menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Jujur, saya sendiri tipe seperti ini dan ini kebiasaan yang paling menyenangkan. Tapi biasanya saya lakukan ketika benar-benar tidak ada jadwal. Untungnya tempat tinggal saya juga dekat dengan tempat-tempat ngopi nyaman untuk membaca.

  1. Membaca saat berpetualang

Apakah kamu suka pergi ke gunung atau pantai? Aktifitas di alam memang sangat menyenangkan dan bisa menghilangkan penat. Jika Anda memiliki kebiasaan ini dan ingin mencoba travel reading saat menemukan tempat yang menarik maka siapkan semua bekal Anda. Daftar buku yang ingin Anda baca dan jika bisa sesuaikan dengan tempat yang akan dituju. Pantai atau gunung bisa memiliki tema buku yang berbeda, jadi jangan sampai salah ya. Pembaca dengan tipe ini juga sangat menyenangkan. Saya sendiri paling senang membaca di daerah pegunungan atau tepi sawah. Sementara kalau dipantai, saya lebih banyak menikmati panas dan mencari sinar matahari.

Rekomendasi baca : Info Buku The Plant Messiah By Carlos Magdalena

Jadi, tipe travel reading apa yang sesuai dengan kepribadian kamu? Tentunya masih banyak kebiasaan membaca lain yang sesuai dengan waktu dan kebiasaan. Apapun itu, cobalah untuk terus membaca dan menuliskan catatan kamu setiap melakukan perjalanan.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close