Lifestyle

Resep Novel Untuk Kamu : Akan Menguras Air Mata dan Perasaan

Kasih Sayang, Hubungan & Air Mata

Resep Novel Untuk Kamu : Akan Menguras Air Mata dan Perasaan – Siapa kita tanpa orang tua? Itulah hal-hal yang saya pikirkan sepanjang waktu. Kasih sayang, hubungan dan kehilangan adalah tiga hal yang tidak bisa kita lepaskan ketika mengingat orang tua. Banyak anak yang benar-benar tidak merasakan kasih sayang orang tua, itu adalah hal yang kurang beruntung. Tapi terkadang hubungan dengan orang tua memang tidak terlalu mudah. Ada kalanya sangat sulit dan ada kalanya berjalan sangat harmonis. Semua seperti komedi putar saja.

Sejak lama juga orang tua selalu menjadi inspirasi para penulis novel, baik dalam dan luar negeri. Sebagai pembaca saya merasa bangga ketika menemukan novel-novel yang mengambil latar cerita tentang orang tua. Dibawah ini saya meracik resep novel untuk kamu : akan menguras air mata dan perasaan. Ada 4 novel yang mungkin juga sudah pernah kamu baca, jika iya atau belum, mari kita berbagi di kolom komentar.

Jika kamu merasa : Konflik

Doa Ibu karya Sekar Ayu Asmara Judul : Doa Ibu

Sekar Ayu Asmara # 272 halaman # 30 Apr 2018 # ISBN: 9789792248043 # Gramedia Pustaka Utama # Rp. 65.000

Isu : aborsi, konflik, hubungan dan misteri.

Akhir-akhir ini, kehidupan pelukis Ijen banyak dihadang berbagai macam keanehan. Dimulai dari resepsi pernikahan sahabatnya, Khaled. Sang pengantin wanita, Dewanti, menghilang begitu saja dari pelaminan. Pencarian Dewanti membawa Ijen ke dalam perjalanan yang membuatnya semakin sesat dalam ketidakpastian. Satu per satu sahabatnya pun turut lenyap tak berbekas. Sementara itu, Madrim berduka. Suaminya, Bintang Joyokusumo, meninggal karena serangan jantung. Bersama anaknya, Sinta, ia menerima tamu yang hadir melayat.

Namun ia tak pernah menduga akan bertemu istri simpanan suaminya. Kematian suaminya seakan membuka pintu masa lalu Madrim. Satu per satu, rahasia yang selama ini terpendam, mulai mengambang ke permukaan. Dan Madrim tak punya pilihan kecuali menghadapi kebenaran demi kebenaran yang terungkap. Termasuk tentang cinta terlarang yang selama ini tersimpan. Rahasia tergelap baru terungkap, ketika kehidupan Ijen dan Madrim berhenti di titik putaran takdir yang sama. Sebuah masa lalu saling mengikat dan mengaitkan mereka berdua. Dan akhirnya membawa mereka ke satu kebenaran yang paling hakiki.

Jika kamu merasa : RinduUnspoken Words karya Alicia Lidwina

Judul : Unspoken Words

Alicia Lidwina # 312 halaman # 2 Jan 2018 # ISBN : 9786020379173 # Gramedia Pustaka Utama # Rp. 75.000

Isu : kehilangan, penyesalan, hubungan.

Ada kata-kata yang tidak sempat terucap oleh Kemuning sebelum Bunda meninggal dunia. Tak peduli betapa dia ingin memutarbalikkan waktu, Kemuning tahu dirinya sudah terlambat. Ada kata-kata yang tak sempat terucap oleh Bunda semasa hidupnya. Oleh karena itulah beliau datang ke dalam mimpi Kemuning—untuk menyampaikan apa yang tak sempat tersampaikan tujuh tahun yang lalu, ketika beliau masih hidup. Bertemu kembali dengan Bunda di dalam mimpinya mungkin merupakan kesempatan terakhir Kemuning untuk meminta maaf—sesuatu yang sudah ingin dilakukannya sejak dia menyebabkan kematian Bunda bertahun-tahun silam.

Namun, apa yang ingin Bunda sampaikan padanya? Di balik kenangan akan masa kecilnya, Kemuning harus mencari tahu maksud dari pesan-pesan misterius Bunda. Terutama karena dia tahu Bunda hanya muncul dalam mimpinya, dan dia juga tahu bahwa tak ada mimpi yang takkan berakhir.

Jika kamu merasa: Sangat Menghargai

Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye Judul : Ayahku (Bukan) Pembohong

Tere Liye # 304 halaman # 16 Apr 2018 # ISBN : 9786020331584 # Gramedia Pustaka Utama # Rp. 59.000

Isu : kerinduan, ayah, perasaan

Kapan terakhir kali kita memeluk ayah kita? Menatap wajahnya, lantas bilang kita sungguh sayang padanya? Kapan terakhir kali kita bercakap ringan, tertawa gelak, bercengkerama, lantas menyentuh lembut tangannya, bilang kita sungguh bangga padanya? Inilah kisah tentang seorang anak yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng kesederhanaan hidup. Kesederhanaan yang justru membuat ia membenci ayahnya sendiri. Inilah kisah tentang hakikat kebahagiaan sejati. Jika kalian tidak menemukan rumus itu di novel ini, tidak ada lagi cara terbaik untuk menjelaskannya. Mulailah membaca novel ini dengan hati lapang, dan saat tiba di halaman terakhir, berlarilah secepat mungkin menemui ayah kita, sebelum semuanya terlambat, dan kita tidak pernah sempat mengatakannya.

Jika kamu merasa: Luar biasa

Ayah Andrea Hirata Judul : Ayah

Andrea Hirata # 432 halaman # 29 Mei 2015 # ISBN : 9786022911029 # Bentang Pustaka # Rp. 74.000

Isu : Kasih sayang, hubungan

Betapa Sabari menyayangi Zorro. Ingin dia memeluknya sepanjang waktu. Dia terpesona melihat makhluk kecil yang sangat indah dan seluruh kebaikan yang terpancar darinya. Diciuminya anak itu dari kepala sampai ke jari-jemari kakinya yang mungil. Kalau malam Sabari susah susah tidur lantaran membayangkan bermacam rencana yang akan dia lalui dengan anaknya jika besar nanti. Dia ingin mengajaknya melihat pawai 17 Agustus, mengunjungi pasar malam, membelikannya mainan, menggandengnya ke masjid, mengajarinya berpuasa dan mengaji, dan memboncengnya naik sepeda saban sore ke taman kota.

 

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close