Lifestyle

Pilih Buku Versi Cetak Atau eBooks? Tentukan Pilihanmu

Buku Cetak VS eBook

Bagi penggemar buku atau semua orang yang senang membaca buku, pilihan buku bisa jadi hal yang memusingkan. Terlebih sekarang sudah ada teknologi dimana kita bisa membaca buku elektronik atau eBook. Amazon saja sudah lama mengeluarkan Kindle yang merupakan gadget khusus untuk membaca eBook. Dan sekarang aplikasi Kindle juga bisa di download di platform Android atau App Store. Jadi dimana saja dan kapan saja kita bisa membaca ebook. Belum lagi pemain seperti Barnes and Noble memiliki Nook.

Bisa jadi aplikasi untuk membaca eBook akan terus berkembang. Kemudian untuk semua buku luar negeri juga sudah dikeluarkan dengan versi Kindle atau Nook. Nah bagi penggemar buku bisa jadi sangat bingung,harus membaca buku dalam bentuk cetak atau eBook. Apapun itu, simak dulu kelebihan membaca buku cetak atau eBook.

Jika Membaca Buku Cetak

  1. Bagi penggemar buku, versi buku cetak memang lebih menarik. Bayangkan saja cover yang warna warni, menarik, bisa dibawa kemana saja dan tentunya juga lebih menyenangkan. Kemudian membaca buku versi cetak juga bisa dilakukan di tempat dengan cahaya terang atau biasa. Ya, meskipun sama sekali tidak bisa dibaca di ruangan yang gelap tanpa cahaya sama sekali.
  2. Lebih mudah membuat catatan. Dan buku cetak juga akan membuat kamu mudah untuk membuat catatan. Tentunya kamu bisa tempelkan post it dan bukan mencoret-coret pada kertas buku. Dan saat ingin melihat quote atau materi buku, tinggal buka saja. Yang jelas ini memang lebih mudah.
  3. Tidak perlu kehabisan baterai. Karena buku versi cetak hanya perlu dibawa saja, jadi tidak perlu mengisi ulang baterai. Kamu juga tidak perlu khawatir buku kamu kena virus atau tidak bisa dibuka karena password hilang.
  4. Lebih minimal resiko untuk mata. Jika kamu sakit kepala saat membaca buku versi cetak, mungkin itu hanya lelah biasa. Artinya tidak ada radiasi atau efek cahaya terang yang mengenai lensa mata langsung.
  5. Mudah berbagi. Jika kamu memiliki koleksi buku cetak dalam jumlah yang banyak maka sangat mudah untuk berbagi koleksi. Teman atau saudara kamu juga bisa pinjam buku dan pastinya boleh khan…
  6. Sangat Instagramable. Munculnya bookstagrammer yang membagi foto buku lewat sosial media Instagram memang sangat menarik. Inspirasi foto bisa diambil sesuai tema atau musim. Bagi penikmat buku bisa melihat buku-buku yang dibaca penggemar buku lain. Bayangkan saja cover-cover buku dengan berbagai tema. Terkadang saat melihat saja kita bisa lupa harus “don’t judge the book by the cover” …

Saat Kamu Membaca Versi eBook

  1. Pilih Buku Versi Cetak Atau eBooks? Tentukan PilihanmueBook sangat mudah didapatkan. Kamu hanya perlu mengunjungi Amazon atau Barnes And Noble dan pilih eBook yang ingin kamu beli. Tidak perlu pergi ke toko buku karena buku akan dikirim ke akun kamu yang sudah terdaftar. Hanya butuh waktu beberapa detik saja dan jika internet lancar maka downdload akan selesai cepat.
  2. Ya, itu lebih ramah lingkungan. eBook tidak membutuhkan kertas atau bahan kertas atau merusak pohon. Bagi sebagian penggemar eBook memang mempertimbangkan faktor ini. Tentunya kamu juga tahu khan kalau bahan kertas itu dari pohon.
  3. Setengah harga. Bagi penggemar eBook memang harga menjadi perhatian penting. Biasanya eBook hanya dijual setengah harga dari versi buku cetak. Dan tentu saja ini lebih irit.
  4. Minim “reading slump”. Siapa yang sering terkena reading slump? Berhenti membaca karena tidak ingin ini memang musibah untuk penggemar buku. Tapi ternyata eBook bisa menjadi jalan keluar agar tidak terkena kebiasaan ini. Format eBook yang ringkas dalam genggaman bisa lebih mudah untuk membaca dan tidak perlu malas.
  5. Tidak banyak ruang. Saat kamu mau bawa buku maka cukup bawa ebook reader saja. Mudah khan. Dan kamu juga bisa baca buku dimana saja, kapan saja, serta mudah untuk mengatur pencahayaan.

Sebenarnya memang banyak sekali kelebihan membaca buku versi cetak dan eBook. Kalau saya sendiri lebih sering membaca versi eBook. Ya, meskipun sulit untuk bisa ambil foto untuk Instagram, tapi tenang saja karena tetap bisa foto ebook reader dengan kamera ponsel kok.

Kalau kamu, lebih suka yang mana? Apapun itu, membaca buku dalam bentuk cetak atau ebook memang baik ya,jadi mari berhenti berdebat dan langsung buka buku saja…

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close