Lifestyle

Jangan Kecewa! Lakukan Cara Mencapai Target Bacamu Tahun Ini

Cara Mencapai Target Bacamu Tahun Ini

Jangan Kecewa!Lakukan Cara Mencapai Target Bacamu Tahun Ini. 13 Hari sudah kita melewati Januari tahun 2018. Jika saya boleh bertanya sudah berapa banyak buku yang Anda baca selama 13 hari ini. Sekedar mengingatkan, sudahkah Anda meng-update target baca Anda di tahun ini? Jika Anda menjadi anggota Goodreads atau klub buku lain, tentunya Anda harus segera menetapkan resolusi jumlah buku yang harus dibaca tahun ini. Tapi jangan sampai Anda menetapkan jumlah buku yang harus dibaca terlalu banyak. Karena menyambut banyaknya buku yang akan terbit tahun ini,seringkali membuat kita kalap.

Anda tidak perlu gelisah sendiri, karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Pergi ke toko buku, membeli banyak buku, atau membeli terlalu banyak edisi Kindle, tapi buku hanya menumpuk di ruang baca. Baiklah karena Anda dan saya juga tidak sendiri, jadi silahkan mengikuti beberapa cara mencapai target bacamu tahun ini.

  1. Lihat kembali dan hias lemari buku Anda

Pertama saya sarankan untuk kembali melihat semua buku Anda di lemari buku, diatas meja atau bahkan di kolong tempat tidur ( kasus tertentu). Rapikan semua buku Anda mulai dari tahun terbit, penulis dan penerbit favorit atau sesuai selera Anda. Oke, sekarang lihat kembali rak buku Anda. Apakah sudah cukup rapi? Jika sudah maka tempatkan buku-buku yang belum Anda baca di bagian rak khusus. Berikan tulisan seperti wajib baca, atau jadwal baca sesuai waktu Anda. Periksa kembali koleksi buku Anda. Jika ada yang sudah rusak, lihat kembali dan bungkus dengan plastik agar tidak cepat rusak. Dan lebih baiknya adalah menyumbangkan buku-buku yang sudah Anda baca. Sudah? Lalu, lihatlah dan bayangkan, berapa banyak buku yang harus Anda tambahkan untuk tahun 2018 ini.

  1. Umumkan resolusi baca Anda

Jika Anda menyimpan resolusi jumlah buku yang harus dibaca sendiri, sepertinya itu tidak akan menyenangkan. Lihatlah teman Anda yang berani mengatakan “aku akan membaca 100 judul buku tahun ini”. Cara ini seperti membuat Anda mengikuti lomba lari dan dilihat penonton. Biarkan orang-orang di sekitar Anda tahu resolusi baca Anda. Saat ini cara yang paling mudah, dengan mendaftar di Goodreads dan segera tetapkan 2018 READING CHALLENGE Anda. Jangan malu, karena Anda bisa bertemu dengan pembaca lain dari seluruh dunia.

  1. Menantang genre buku yang bisa Anda baca

Setiap genre memang memiliki komunitas sendiri. Anak-anak remaja menyukai genre yang sesuai dengan umur mereka. Tidak di pungkiri, saya pun juga begitu. Semakin tua, saya tidak lagi tertarik dengan buku teenlit atau romance. Saya lebih menyukai buku dengan genre Women Fiction atau fiksi wanita. Tapi tidak ada salahnya kok merubah arah genre. Karena, ketika Anda terus menerus membaca satu genre, maka Anda akan merasa sangat bosan. Jadi tahun ini sayapun menantang diri sendiri untuk lebih banyak membaca buku bertema psikologi, misteri, women fiction, dan memoar. Percaya atau tidak, ini benar-benar bisa menjadi cara mencapai target bacamu tahun ini.

  1. Pikirkan saat menggunakan sosial media

Bolehkah saya bertanya? Berapa banyak jumlah waktu yang Anda gunakan untuk membaca berita, informasi atau status di sosial media? Dan berapa banyak waktu yang Anda gunakan untuk membuka buku. Silahkan Anda menjawab sendiri dan bandingkan jumlah waktu yang sudah Anda gunakan untuk sosial media dan buku. Pikirkan lagi ya, sejauh mana kesenangan Anda ketika bertemu dengan karakter atau cerita rumit dari buku Anda.

  1. Tantang diri Anda membuat review

Berapa lembar isi buku yang Anda pahami dan berapa nilai yang Anda dapatkan? Jika sebelumnya Anda hanya membaca buku, mengambil quote dan menuliskan di status sosial media, maka rubah semua kebiasan ini. Buat catatan ketika Anda membaca buku dan tulis review atau resensi setelahnya. Apakah ini cukup sulit? Ya, untuk semua orang yang baru memulai memang sangat sulit. Dan untuk membuka kesempatan yang luas, Anda juga bisa bergabung dengan grup kami di Komunitas Baca Buku. Buktikan sendiri apa yang bisa Anda dapatkan dengan membuat review buku.

  1. Kunjungi toko buku

Membeli toko buku online memang lebih menyenangkan. Tapi saat Anda benar-benar tidak bisa memilih judul mana yang harus dibaca, maka cobalah berkunjung ke toko buku. Jangan hanya toko buku terkenal saja, tapi semua toko buku indie. Dengan melihat buku secara nyata akan membantu Anda mendapatkan ide untuk membaca buku. Dan jangan hanya terpukau pada buku – buku baru saja, tapi juga buku lama.

  1. Koleksi buku fisik dan e-book

Jenis buku apa yang masuk dalam koleksi Anda? Baiklah Anda bisa mencoba membaca buku dalam bentuk fisik dan versi digital. Ada orang yang lebih senang membaca buku fisik, dan ada pula yang cenderung membaca buku digital. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan jadi pilih buku versi cetak atau ebooks, tentukan pilihanmu. Pada dasarnya dua bentuk buku ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jadi lihat kembali koleksi buku Anda, mana yang paling mendukung target baca Anda.

  1. Jangan terjebak satu penulis

Banyak pembaca buku yang sebenarnya mengalami masalah ini. Mereka terjebak di satu penulis dan terus mengikuti semua karyanya. Sebenarnya ini tidak masalah dan bukan masalah yang berat. Tapi ternyata efeknya justru bisa membuat Anda malas membaca. Ada banyak penyebabnya seperti karya yang mudah ditebak dan tidak menggoda selera untuk dibaca. Apalagi jika penulis sering mengeluarkan buku dalam jarak tahun yang sangat dekat. Jadi saran saya adalah cobalah untuk membaca semua karya. Baca sinopsis saat bertemu buku itu, lihat apakah itu bisa menarik Anda, dan masukkan dalam kantong belanja.

Ternyata cara mencapai target bacamu tahun ini memang tidak sulit bukan? Tentukan komitmen Anda sekarang dan buat diri Anda mencapai tujuan itu.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close