Lifestyle

Cara Mengenali Bakat Anda dari Buku Bakat Sukses Karya Daniel Coyle

52 Tips Jitu Untuk Meningkatkan Keahlian Anda Menuju Kesuksesan – Bagian 1

Cara Mengenali Bakat Anda dari Buku Bakat Sukses Karya Daniel Coyle – Apa yang terbayang di benak teman-teman ketika mengenal kata bakat? Ah, saya tidak punya bakat, ah saya benar-benar tidak berbakat – mungkin itu yang terucap saat merasa tidak percaya diri. Banyak orang yang tidak mengenali bakat diri sendiri, bahkan sampai usia dewasa. Bahkan banyak lulusan sarjana yang benar-benar tidak mengenali bakatnya sampai sulit mendapatkan pekerjaan.

Sementara ada beberapa orang yang dilahirkan sukses sejak usia muda. Mereka sukses mengenali bakatnya dan berhasil mendapatkan uang secara mandiri sejak muda. Bisa kita contohkan seperti Youtuber sukses yang berhasil mendapatkan kekayaan di usia muda, seperti Raditya Dika, Ria Ricis, Arief Muhammad, Gen Halilintar, Kevin Hendrawan, Bayu Skak dan masih banyak lagi.

Itu saja baru satu profesi, karena masih banyak profesi lain, seperti pengusaha muda, pekerja seni, penulis muda dan masih banyak lagi. Dukungan perkembangan era milenial memang sangat dahsyat. Tanpa bakat mungkin Anda akan sulit untuk memasuki dunia.

Tentang Buku Bakat Sukses Karya Daniel Coyle

Dalam buku yang ditulis oleh Daniel Coyle, Ia memaparkan pandangannya tentang bakat itu sendiri. Dimulai tentang apa buku itu dan bagaimana cara menggunakan buku saku ini. Ada dua langkah penting yang harus diterapkan oleh pembaca yaitu:

Dasar

Pertama adalah pikirkan bahwa kita semua memiliki bakat. Kedua adalah pikirkan bahwa kita tidak yakin dengan cara bagaimana mengembangkan bakat yang ada sampai itu bermanfaat untuk hidup kita secara penuh. Setelah itu buku ini akan membawa kita kepada beberapa bagian untuk mengelola bakat. Ada tiga tahapan yang memang harus dilakukan oleh semua manusia untuk tahu bakat dan mendapatkan manfaat dari bakat itu. Ketiga hal itu adalah:

MEMULAI

  1. Lihat pada orang, dimana Anda ingin menjadi seperti dia. Anda bisa memasang gambar, foto, poster, wallpaper atau media lain agar Anda bisa melihat orang itu. Lihat itu dan gerakkan mimpi Anda sebelum tidur.
  2. Luangkan 15 menit saja untuk mengasah kemampuan dalam otak Anda. 15 Menit memang sangat singkat, tapi bisakah Anda memanfaatkan waktu ini.
  3. Curi dari orang lain tapi bedakan dengan Anda. Misalnya Anda ingin menjadi pemusik atau penulis, lihat bagaimana orang sukses itu tahu cara mengembangkan bakatnya. Hanya saja Anda harus tetap menjadi orang yang berbeda.
  4. Tulis apa saja hal yang terjadi pada hari itu, agar Anda tahu apa yang sudah dilakukan.
  5. Mau menjadi bodoh. Semua orang yang ingin mengembangkan bakatnya memiliki kebiasaan terlihat seperti tidak tahu apa-apa. Tapi dari cara itu akhirnya Ia tahu cara melakukan sesuatu.
  6. Keluar dari zona nyaman. Anda sudah merasa nyaman dan takut dengan tantangan? Jangan lakukan itu kalau Anda tidak ingin tenggelam dan tidak memiliki bakat.
  7. Arahkan bakat Anda ke berbagai jalur yang berbeda. Apakah bakat itu membutuhkan keahlian yang mudah atau sulit.
  8. Untuk menumbuhkan keterampilan yang sulit maka asah diri Anda.
  9. Untuk menumbuhkan keterampilan yang mudah maka lakukan dengan cerdik. Jangan perduli dengan hasilnya dulu tapi usaha untuk mencapai keterampilan itu.
  10. Hormati kemampuan yang sulit.

Nah itu baru 10 cara memulai bakat Anda. Daniel Coyle sudah menuliskan sampai 52 tips. Anggap saja itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tapi juga bukan hal yang tidak perlu dilakukan. Artinya kita semua bisa memulai dulu 10 langkah ini. Lain waktu kita akan ulas lagi sampai nanti genap 52 cara.

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close