Bestseller

Muhammad : Lelaki Penggenggam Hujan Karya Tasaro GK

Pengulas : Nailatul Hana

Muhammad : Lelaki Penggenggam Hujan Karya Tasaro GK –  Tergeragap dia kemudian. Matanya membelalak seperti seseorang yang dicabut nyawanya dalam kondisi buruk. Beberapa detik tanpa reaksi, seolah dia benar-benar telah mati. Sang tuan rumah lalu menutup rapat jubah tamu belianya dengan gerakan sigap, membalikkan badannya kemudian.

“Bawa anak itu pulang ke negeri Anda, dan berhati-hatilah terhadap orang-orang Yahudi. Demi Tuhan, kalau mereka melihatnya dan tahu seperti aku mengenalinya, mereka akan berbuat jahat terhadapnya! Sebuah masa depan besar terletak di tangan kemenakanmu ini, maka cepat bawalah dia pulang.”

Penulis : Tasaro GK

Genre   : Fiksi sejarah Islam

Penerbit : Penerbit Bentang Pustaka

Tahun terbit : 2010

Jumlah halaman : 574

ISBN : 978-979-1227-79-7

Sang Penggenggam Hujan, sosok yang telah lama diramalkan akan datang oleh hampir semua agama akhirnya benar-benar datang. Digambarkan dengan sangat baik oleh Tasaro GK dalam buku pertama dari tetraloginya, Muhamad : Sang Penggenggam Hujan.

Astvat-ereta, Himada, Buddha Maitreya, Malechha Dharma. Kashva dan El sudah lama mendiskusikannya dalam surat-surat yang saling mereka kirimkan, menembus jarak Persia-Romawi. Diskusi yang berujung pada peringatan Kashva Sang Pemindai Surga kepada Khosrou Penguasa Persia mengenai datangnya sang utusan Tuhan.

Khosrou yang tidak terima akhirnya memburu Kashva, hingga menuntun Sang Pemindai Surga memulai perjalanan yang seakan tak ada ujungnya. Menuju Gathas, Perbatasan, pegunungan salju, hingga Tibet. Mencari biksu yang juga kawan korespondensi Kashva selama berada di Kuil Sistan, Persia.

Di waktu yang sama, Sang Permata Kebijaksanaan Agung yang telah mendapat banyak pengikut telah menyeru kepada penguasa Mesir, Abyssinia, Romawi, hingga Persia, untuk beriman kepada Allah Yang Esa.

Pada akhirnya, buku ditutup dengan kemenangan indah kaum muslimin atas Makkah tanpa pertumpahan darah. Fathan mubina. Sebuah kemenangan yang nyata.

Tasaro melalui karyanya dapat membuat pembaca seolah menyaksikan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah yang terjadi ribuan tahun silam. Dengan tokoh Kashva Sang Pemindai Surga, yang terus penasaran akan datangnya Sang Penggenggam Hujan. Kashva seolah mewakili para pembaca, terus mencari dan mencari.

Baca Juga: Mantapkan Move On Mu Bersama Allah Karya Anha Hariana

Peradaban Persia, Tibet, dan sekitarnya pada masanya juga dijabarkan dengan sangat baik, sehingga tidak melulu terpaku pada Jazirah Arab, seperti buku sejarah Muhammad lainnya.

Buku ini adalah buku sejarah paling menarik yang pernah saya baca. Dan sungguh, rugilah saya jika tidak berhasil membaca keempat bukunya sampai tuntas. Terima kasih kepada salah seorang teman saya yang secara tidak langsung telah merekomendasikan buku ini, sehingga saya dapat menyelami indahnya perangai Rasulullah dan jatuh cinta kepadanya, juga kepada sejarah yang mengisahkannya.

Pada kenyataannya, cukup sulit untuk menemukan keempat serinya sekaligus dari satu toko buku. Saya harus ke dua cabang toko dari dua kota berbeda, dan hanya mendapatkan buku kedua dan keempat nya. Akhirnya, saya memutuskan untuk membeli buku pertama dan ketiga dalam bentuk elektronik melalui Google Play Books. Jadilah buku ini sebagai buku pertama yang saya selesaikan tuntas melalui aplikasi.

Saat membacanya, saya banyak memberi jeda membaca buku. Namun, itu hanya karena faktor dari bentuk bukunya yang elektronik, sehingga membuat mata mudah lelah. Sama sekali bukan karena bukunya yang cepat membuat bosan. Malah sebaliknya, tidak ingin saya melewatkan satu kata pun dari buku itu.

Akhir kata, saya memberi rating 5 bintang kepada buku ini, karena semua kelebihan yang sudah saya sebutkan tadi. Cocok untuk kalangan remaja hingga dewasa, terutama bagi mereka yang tidak menyukai sejarah Islam. Dengan membacanya, saya yakin Anda akan seperti saya. Jatuh cinta dan ingin lagi dan lagi!

Setiap kali disebutkan Nabi Muhammad, dianjurkan untuk membaca Shalawat.

Baca Juga : Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shiraz

Lebih Dekat dengan Tasaro GK

Muhammad : Lelaki Penggenggam Hujan Tasaro GK adalah seorang juru cerita. Sebab, dia meyakini setiap orang membutuhkan cerita. Maka, dia menyampaikan segala hal melalui cerita. Serial Muhammad Saw. (Lelaki Penggenggam Hujan, Para Pengeja Hujan, Sang Pewaris Hujan, dan Generasi Penggema Hujan) adalah sebuah kisah panjang tentang cinta, kesetiaan, dan misi agung yang hampir menghabiskan kemampuannya bercerita.

Berlatar belakang seorang wartawan dan editor, kini Tasaro memetakan waktunya untuk bercerita di PAUD Kampoeng Boekoe, Kelas Menulis Jurnalistik Bandung, Grup Belajar Menulis Keluarga Besar Tasaro GK, dan perkumpulan online FP: Tasaro GK The Juru Cerita.

Pengulas : Nailatul Hana

Muhammad : Lelaki Penggenggam Hujan Seorang penikmat buku, yang sampai saat ini belum menghasilkan buku satupun. Semakin lama, ia menemukan dunianya lewat buku dan mulai gemar merangkai kata. Keinginannya merangkai kata hanya berakhir di laman pribadinya atau bahkan di lembaran-lembaran tak bernama. Sedang menempuh pendidikan medis di kampus Padjadjaran, dan baru menempuh semester tiganya pada Agustus 2018.

Keinginannya me-review buku baru terwujud ketika ia sadar; tidak seharusnya ia berhenti begitu selesai membaca buku. Orang lain harus turut merasakan nikmatnya. Menurutnya, me-review buku adalah salah satu caranya. Harapannya, ia bisa terus melanjutkannya hingga bukunya bisa dinikmati para pembaca.

Karakter
Plot
Cerita

Akhir kata, saya memberi rating 5 bintang kepada buku ini, karena semua kelebihan yang sudah saya sebutkan tadi. Cocok untuk kalangan remaja hingga dewasa, terutama bagi mereka yang tidak menyukai sejarah Islam. Dengan membacanya, saya yakin Anda akan seperti saya. Jatuh cinta dan ingin lagi dan lagi!

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close