Bestseller

Membaca Little Fires Everywhere, Novel Kedua Celeste Ng

Little Fires Everywhere By Celeste Ng

Review saya

Sangat sempurna

Sekali membaca dan tidak ingin kehilangan cerita. Bisa dibaca untuk sekali duduk demi merasakan konflik dan plot yang luar biasa.

Saya akan mengatakan sekali lagi, memang tidak terlambat untuk membaca Little Fires Everywhere, novel kedua Celeste Ng. Penulis berdarah campuran Asia Amerika ini memang telah memulai langkah keduanya dengan sangat menawan. Semua orang terkesan dengan novel kedua ini, bahkan masuk ke dalam Amazon editors’ picks for the best books of 2017: Top 20.

Jika kita kembali ke Everything I Never Told You, maka novel kedua Celeste NG ini memang layak disandingkan dan masuk ke rak buku Anda. Perbedaan latar belakang waktu sangat jelas terlihat. Pada Everything I Never Told You mengambil setting tahun 1970-an. Sementara novel kedua mengambil setting 1990 an. Tentu saja ini benar-benar akan membuat pembaca seperti kembali ke masa lalu.

Jadi yang akan kita bicarakan adalah subjek novel yang mengambil inti dari gadis-gadis yang tinggal dikawasan komplek mewah atau menengah ke atas. Dan mungkin kita juga akan kembali ke masa lalu dimana film Titanic menjadi tontotan yang sangat menarik.

Narasi dalam novel dijelaskan dengan beberapa hal negatif yang mungkin membuat hati kita tidak nyaman. Pertanyaan siapa dan siapa pasti akan menyelimuti benak pembaca. Jadi sesuai dengan judulnya memang ada kebakaran di sebuah rumah. Tapi pembaca akan dibawa ke sebuah pertanyaan, Siapa? Apakah itu sengaja? Mungkinkah? Ohh?

Keluarga Richardsons tinggal di kawasan Shaker Heights, Cleveland. Memiliki rumah yang sangat besar, empat mobil.Keluarga ini tinggal dengan empat anaknya yang bernama Trip, Lexie, Moody dan Izzy. Keluarga ini digambarkan memiliki kehidupan yang sangat makmur dengan pekerjaan terpandang yaitu reporter dan pengacara.

Lalu datanglah Mia Waren dan putrinya yang pemalu, Pearl. Mia bekerja sebagai fotografer seni yang tinggal nomaden dan menyewa rumah keluarga Richardsons. Jadi pikirkan pada bagian ini pembaca bisa melihat kehidupan dua keluarga yang sangat berbeda. Nyonya Richardsons – lebih senang dipanggil ini – berpikir bahwa Ia seorang dermawan

Namun novel ini tidak akan hidup tanpa masalah. Jadi pembukanya adalah ketika rumah keluarga Richardsons kebakaran. Ketiga anak tertua keluarga ini menyalahkan Izzy, saudara termuda yang dianggap dekat dengan Pearl. Izzy juga digambarkan sebagai biang masalah. Tunggu, yang menjadi masalah sebenarnya bukan hal ini. Pembaca pasti akan mencoba melihat siapa pelakunya dan mengapa. Baiklah semua pembaca harus mencoba untuk menahan diri.

Baiklah ini sangat menarik tapi sebenarnya ada tiga masalah yang ada.

Pertama ketika teman Richardsons mengadopsi (tepatnya membawa) seorang anak keturunan Cina yang ditinggal di stasiun pemadam kebakaran. Baru-baru ini baru tahu bahwa itu adalah imigran yang meninggalkan anak dan sekarang ingin anak kembali kepada ibu kandungnya.

Kedua adalah ketika sebenarnya beberapa tahun yang lalu Mia membawa anak untuk seorang pasangan yang sangat kaya namun mengalami masalah kesuburan, dengan masalah sebenarnya ketika sperma untuk mendapatkan anak itu telah direkayasa.

Ketiga adalah ketika anak perempuan Richardsons hamil. Kita lihat lagi bahwa keluarga ini mampu membesarkan bayinya tapi itu akan merusak dan menganggu sekolah anaknya karena sebentar lagi masuk ke universitas. (masalah ini saya tidak terlalu suka karena kehamilan pada saat remaja tidak bisa saya terima, dan ini melanggar moral ketimuran saya – tegas!)

Untuk poin masalah pertama dan kedua: pertimbangan siapa ibu kandung memang sangat penting. Penulis menetapkan bahwa salah satu pihak harus rela memilih dan penulis lebih memihak ibu kandung.

Baiklah kita akan lepas dari semua masalah dalam Little Fires Everywhere.

Jika dibaca secara keseluruan, Ng telah membuat cerita yang sangat baik. Karakter semua pengisi cerita dibuat dengan sangat jelas. Dan pembaca menghadapi beberapa sudut pandang yang berbeda. Hubungan saudara kandung, konflik dengan tetangga, masalah ras yang sangat kental, semua jalinan cerita dibuat dengan sempurna.

Jadi sebenarnya cerita dalam karya ini tidak terlalu kuat tapi juga tidak terlalu lemah. Semua rancangan cerita seperti telah ditetapkan sejak awal tapi tidak bisa ditebak oleh pembaca. Cerita ini sangat layak untuk Anda yang benar-benar ingin membaca tentang keluarga dan ingin menemukan sesuatu cerita unik yang tidak hanya tentang cinta saja.

Info Buku

Format : Hardback / Paperback

Publish : 12 Sep 2017

Publisher :Penguin Press

Language: English

Pesan : Saat ini tersedia dalam Hardback dan Paperback yang harus Pre Order.

*Bisa menghubungi kertasbuku1@gmail.com atau cs@kertasbuku.com  (PRE-ORDER) Atau WA ke Nana : 0821-3889-3127

Tags
Show More

Artrias Setiawan

Mengaku orang yang tidak bisa melewatkan membaca, senang berbagi hal-hal baru tentang buku. Tidak bisa membaca buku tanpa kopi tapi sedang berusaha melupakan kafein. Bercita-cita mengunjungi perpustakaan di seluruh dunia dan senang berlibur sambil membawa buku ke jalan, pantai atau gunung. Menulis untuk blog, media online, perusahaan e-commerce dan bisnis start up. Pembaca buku, menulis review buku, dan senang jika Anda berkunjung ke toko buku kami. Lebih dekat dengan saya di:

Email: artriasnana@gmail.com
Twitter: @artriassetiawan
Instagram: @artriassetiawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close